Assignment 2


HUBUNGAN ANTARA KUANTITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA


I.                   LATAR BELAKANG MASALAH
Tidur adalah suatu keadaan tidak sadar dimana seluruh anggota tubuh mengalami relaksasi secara alami. Tidur merupakan salah satu kebutuha dasar setiap makhluk hidup yang harus terpenuhi setiap harinya. Bahaya seseorang akibat dari gangguan tidur atau kurangnya kuantitas tidur bisa mengancam kejiwaan dan nyawa seseorang baik secara langsung (insomnia) atau tidak langsung (kecelakaan).
Faktor akibat dari kurangnya kuantitas tidur seseorang bisa disebabkan dari kewajiban mengerjakan tugas bagi seorang mahasiswa, kewajiban bekerja bagi para orangtua, dan faktor yang paling bahaya adalah faktor ketergantungan gadget bagi para remaja sehingga dapat menyebabkan rasa kecanduan dan yang nantinya akan mengganggu kuantitas tidur seseorang.
Selain itu, kurangnya kuantitas tidur atau gangguan tidur dapat menganggu konsentrasi belajar seorang mahasiswa. Ketika kuantitas seorang mahasiswa tersebut terganggu akibat fatalnya, mahasiswa tersebut akan menimbulkan rasa kantuk dalam proses pembelajaran. Rasa kantuk ini  dapat menjadikan seorang mahasiswa menjadi tidak fokus dan tidak aktif dalam perkuliahan seperti halnya tanya jawab antar dosen atau mahasiswa lainnya.

II.                TUJUAN PENELITIAN
Untuk mengetahui hubungan antara kuantitas tidur dengan konsentrasi belajar mahasiswa.
III.             MANFAAT PENELITIAN
1.      Bagi pembaca, penelitian ini dapat membantu untuk memperbaiki kuantitas tidur seseorang yang masih belum baik, yang nantinya akan berpengaruh terhadap konsentrasi belajar, serta dapat memperbaiki pola hidup dan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu waktu tidur.
2.      Bagi penulis, penelitian ini dapat menambah ilmu dengan mencari sumber-sumber riil dan ilmu tentang bagaimana cara untuk mengumpulkan, merumuskan data, menyusun survey, dan lain-lain. Penulis juga dapat  menerapkan bagaimana kuantitas tidur yang ideal sehingga dapat berimplikasi dengan peningkatan konsentrasi belajar.
IV.             RENCANA PELAKSANAAN
4.1. Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian sederhana dengan menggunakan metode observasi kuantitatif yang disajikan dalam bentuk kuisioner online kepada mahasiswa Unpad. Metode pengambilan data yang kami lakukan hanya diberikan kepada mahasiswa yang setuju untuk berpartisipasi. Proses pembuatan kuisioner dengan menggunakan google form yang nantinya akan dipublikasikan melalui media sosial. Metode ini kami gunakan karena dapat mempermudah untuk pengumpulan dan pengelolaan data sehingga dapat mengektifkan waktu yang diperlukan. Selain itu, dapat mempermudah akses bagi responden untuk berpartisipasi dalam penelitian yamg kami lakukan.
4.2. Waktu dan Responden
Kami melakukan penelitian sederhana ini pada hari Kamis, 22 Februari 2018 dalam kurun waktu 5 jam, dari pukul 13.00 WIB - 18.00 WIB dengan responden mahasiswa Unpad secara umum. Berikut merupakan kuisioner yang kami sajikan :
                      
1.      Nama
2.      Jenis Kelamin
a.       Perempuan
b.      Laki-laki
3.      Berapa lama waktu Anda tidur dalam satu malam? *
a.       < 5 jam
b.      6-8 jam
c.       > 8 jam
4.      Menurut Anda berapa lama waktu tidur yang berkualitas bagi mahasiswa ? *
a.       < 5 jam
b.      6 - 8 jam
c.       > 8 jam
5.      Kendala apa yang mengganggu waktu tidur Anda? *
a.       Tugas
b.      Hiburan (sosial media/nonton/games)
c.       Lainnya
6.      Apakah Anda merasa ngantuk saat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas? *
a.       Sering
b.      Kadang-kadang
c.       Tidak pernah
7.      Apakah Anda selalu memerhatikan pengajar dengan seksama? *
a.       Ya
b.      Tidak
8.      Dalam skala 1 - 10 berapa skor Anda dalam memahami materi yang disampaikan oleh pengajar?


V.       Hasil dan Pembahasan
Jumlah responden yang telah berpartisipasi dalam penelitian kami sebanyak 138 mahasiswa Unpad. Mayoritas responden yang kami terima merupakan perempuan (71,7%), usia terbanyak 18 tahun (41,3 %). Berdasarkan hasil survey yang kami terima, mayoritas mahasiswa yang memiliki kuantitas tidur yang baik memiliki konsentrasi yang baik sehingga mahasiswa tersebut memiliki pemahaman yang tinggi terhadap materi yang disampaikan oleh pengajar. Adapun distribusi persentase dari data tersebut ialah sebagai berikut.
a.       Kuantitas tidur mahasiswa di Unpad
Diagram 1. Distribusi frekuensi kuantitas tidur mahasiswa di Unpad

        Berdasarkan diagram 1 dapat diketahui bahwa responden sebanyak 138 mahasiswa, sebagian besar memiliki kuantitas tidur yang baik yaitu selama 6-8 jam sebanyak 87 orang (63%).
b.      Tingkat konsentrasi mahasiswa Unpad           
Diagram 2. Tingkat konsentrasi belajar mahasiswa di Unpad

Berdasarkan diagram 2, dapat diketahui bahwa responden sebanyak 138 mahasiswa, sebagian besar memiliki konsentrasi belajar yang baik sebanyak 94 orang (68,1%).
c.       Pemahaman materi yang disampaikan oleh pengajar
Diagram 3. Tingkat pemahaman materi yang diterima oleh mahasiswa unpad

Berdasarkan diagram 3, banyak mahasiswa menilai materi yang disampaikan dapat dimengerti dengan skor sebesar 8 dari 10 yaitu sebanyak 51 orang (37%). Dari data tersebut kami menyimpulkan bahwa, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara kuantitas tidur mahasiswa dengan konsentrasi belajar mahasiswa.

VI.             Perencanaan Aplikasi dan Stakeholder
Rencana aplikasi yang akan kami buat berupa aplikasi berbasis offline yang beroperasi di sistem Android dan Ios. Aplikasi ini dibuat sebagai self reminder  yang di dalamnya terdapat beberapa fitur yang bermanfaat bagi mahasiswa. Fitur-fitur yang akan kami sediakan berupa voice reminder yang akan berbunyi secara otomatis ketika waktu tidur telah tiba disertai dampak apabila mahasiswa tidak tidur saat alarm berbunyi. Aplikasi ini akan kami tawarkan kepada perusahaan jasa layanan pembuat aplikasi sebagai stakeholder.

No comments:

Post a Comment

Pages